Ticker

7/recent/ticker-posts

Ketentuan penggunaan materai tahun 2021, ayo simak biar gak salah paham

Selamat datang pembaca sanggauinformasi.com dimanapun anda berada, salam hebat luar biasa untuk kita semua. Sehubungan dengan adanya pemberlakuan Undang-Undang No. 10 Tahun 2020 Tentang Bea Meterai menggantikan Undang-Undang No. 13 Tahun 1985 , perlu anda ketahui bahwa :

Ketentuan penggunaan materai tahun 2021, ayo simak biar gak salah paham
Model Materai Rp 10.000 dan cara penggunaan materai model lama

1. Terhitung mulai tanggal 1 Januari 2021 penggunaan meterai tempel sebagai pelunasan bea meterai dikenakan tarif Rp. 10.000,- (Sepuluh ribu rupiah), untuk itu telah diterbitkan meterai tempel Rp. 10.000,- yang penjualannya dilakukan mulai tanggal 1 Januari 2020. 

2. Objek bea meterai , terutama untuk meterai tempel, terdapat perubahan yaitu untuk dokumen yang menyatakan jumlah uang dengan nominal lebih dari Rp. 5.000.000,- (Lima juta rupiah) dikenakan bea meterai Rp. 10.000,-. Untuk objek lainnya tidak ada perubahan dikenakan bea meterai Rp. 10.000,-. 

3. Sanksi adminsitratif untuk dokumen yang kurang dipungut/tidak dipungut adalah sebesar 100% dari bea meterai yang kekurangan/tidak dipungut tersebut. Sebagai contoh : jika terdapat dokumen yang akan diterakan meterai kemudian , maka yang harus dipungut adalah bea meterai terutang dan ditambah sanksi adminsitratif 100% (Rp. 10.000,- untuk meterai terutang dan Rp. 10.000,- untuk denda administratif). Sedangkan dokumen yang dimeteraikan kemudian untuk kepentingan alat bukti di pengadilan hanya dikenakan sesuai terutang (Rp. 10.000,-). Pemeteraian kemudian masih menggunakan tata cara lama sampai ada pemberitahuan lebih lanjut dari Kantor Pos Indonsia. 

4. Meterai desain lama dapat digunakan sampai dengan tanggal 31 Desember 2021 , dengan penggunaan nilai total meterai tempel yang dibubuhkan minimal Rp. 9.000,- (Sembilan ribu rupiah) dengan cara membubuhkan :

  1. Materai  Rp. 3.000,-  sebanyak 3 (tiga) buah
  2. Meterai  Rp. 3.000,- dan Rp. 6.000,- 
  3. Meterai  Rp. 6.000,- dan Rp. 6.000,- 
Cara Penggunaan materai lama

Penjualan meterai desain lama agar diinformasikan kepada masyarakat sebaik mungkin sehingga dapat dipahami dengan baik penggunaan meterai tersebut. Kantor Pos tidak melayani penukaran atau pengembalian meterai lama yang sudah terjual. 

5. Sampai saat ini Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri Keuangan sebagai turunan dari Undang-Undang No. 10 Tahun 2020 masih dalam proses penyusunan , oleh karena itu informasi Iengkap akan disampaikan oleh Kantor Pos Indonesia setelah Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri Keuangan diterbitkan oleh Pemerintah. 

Demikian disampaikan untuk dipedomani dalam pelaksanaanya. Semoga informasi ini bermanfaat  bagi para pembaca setia sanggauinformasi.com.

Tentang Sanggau Informasi

Sanggau Informasi adalah media online untuk menyebarkan informasi yang tajam dan terpercaya dari berbagai sumber media online mainstream yang ada dan online di Indonesia yang dibutuhkan oleh masyarakat Sanggau dan sekitarnya bahkan untuk umum. Media Online Blog Sanggau Informasi memiliki Channel Youtube, Instagram, Twitter, Telegram, Fanpage dan Group Facebook sebagai portal penyaluran informasi yang berimbang. 

Melalui media online ini anda bisa update informasi viral nasional, repost berita Pemda Sanggau, dan hal menarik lainnya. Berikut layanan yang kami sediakan sebagai wadah untuk mensupport blog media online Sanggau Informasi :

  1. Review Produk/Jasa (Kontribusi disesuaikan)
  2. Desain Iklan dan dipajang durasi 1 bulan  Rp 300.000,-
  3. Pembuatan Website Gratis terintegrasi dengan sosmed dan Google Map (4 Menu/Laman : Beranda, Service/Etalase Toko, Kontak dan Tentang), Silahkan order domain dan hosting di situs  Hoster atau Niagahoster
  4. Desain rutin untuk ucapan hari besar/raya/nasional dengan harga Rp 500.000/Bulan Durasi online selamanya di Instagram, Facebook dan Twitter (2 desain tiap bulan) dan durasi 2 minggu di Blog Media Online Sanggau Informasi
  5. Menyediakan penjualan produk dan rekrutmen Mitra eksklusif HWI 
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin blog Sanggau Informasi Timotius Hp 085820835767

Post a Comment

0 Comments