Kabupaten Sanggau terima Sertipikat Tanah gratis dari Presiden sebanyak 6.661 kuota

Halo masyarakat Sanggau dimanapun anda berada, selamat datang kembali di blog Sanggau Informasi dan selalu tetap bersemangat. Kemarin Selasa 5 Desember Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si dan jajaran Pemda Sanggau menghadiri secara virtual pembagian sertipikat gratis dari Presiden RI Joko Widodo. 

Hadir secara virtual


Kabupaten Sanggau terima Sertipikat Tanah gratis dari Presiden sebanyak 6.661 kuota sertipikat tanah gratis untuk warga Kabupaten Sanggau. Jadi, apa untungnya berita ini untuk kita? tentu dengan lanjut membaca anda akan tahu bagaimana prosedur mendapatkan kuota sertipikat tersebut untuk kekuatan hukum tanah anda. 

Secara umum untuk membuat sertipikat ada dua cara yaitu membuat sertipikat tanah melalui Notaris dengan biaya dan membuat sertipikat tanah gratis melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) milik Badan Pertanahan Nasional (BPN) atau Kementerian ATR yang digagas lansung oleh presiden Joko Widodo. 

Nah, Kabupaten Sanggau mendapat 6.661 kuota sertipikat gratis melalui program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) milik Badan Pertanahan Nasional (BPN) atau Kementerian ATR yang diberikan Presiden, bagaimana cara mengurusnya? Mungkin akan ada sosialisasi dari pemda Sanggau kepada masing-masing kecamatan tapi secara umum atau nasional cara mengurus sertipikat tanah gratis program PTSL Presiden Joko Widodo adalah sebagai berikut :(Lumayan lho sertipikatnya bisa jadi agunan atau jaminan ke Bank untuk biaya pendidikan anak) 

1. KTP asli dan fotokopi yang sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, 
2. Kartu Keluarga, 
3. Bukti pembayaran pajak bumi bangunan (PBB) tahun berjalan, 
4. Kartu kavling, 
5. Advis planing, 
6. Izin mendirikan bangunan (IMB), 
7. Akta jual beli, 
8. Surat Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) 
9. Pajak Penghasilan (PPH). 

Sementara, kelengkapan dokumen untuk tanah girik milik adat yang mesti dipersiapkan adalah: 

1. KTP asli dan fotokopi yang sudah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, 
2. Kartu keluarga, 
3. Bukti pembayaran pajak bumi bangunan (PBB) tahun berjalan, 
4. Surat riwayat tanah, 
5. Leter C atau girik, 
6. Surat pernyataan tidak sengketa, 
7. Akta jual beli, 
8. Surat Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) 
9. Pajak Penghasilan (PPH). 

Setelah semuanya lengkap maka hubungi pihak desa untuk menanya perihal agenda penyuluhan dari petugas BPN di wilayah desa atau kelurahan anda. Selanjutnya, anda akan menjadi peserta dan petugas BPN akan mendata riwayat kepemilikan tanah. Langkah selanjutnya petugas akan melakukan pengukuran dan meneliti batas kepemilikan lahan. 

Prosedur dilakukan bersama pemohon dengan menunjukkan letak, bentuk bidang, luas tanah, serta batas bidang tanah. Setelah proses tersebut, langkah selanjutnya petugas BPN akan meneliti data yuridis. Sedangkan anggota BPN yang lain akan mencatat sanggahan, kesimpulan, serta keterangan dari petugas desa. 

Selanjutnya langkat terakhir, anda harus menunggu selama 14 hari untuk mendapatkan pengumuman persetujuan pengajuan sertifikat tanah. Bila diterima, maka anda bisa menerima sertifikat yang akan dibagikan langsung oleh petugas BPN. 

Nah, begitulah cara mendapat sertipikat tanah gratis dari program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) milik Badan Pertanahan Nasional (BPN) atau Kementerian ATR yang digagas lansung oleh Presiden Kita Ir. H. Joko Widodo. Cara ini admin sadur dari situs finance.detik.com.

  
Kabupaten Sanggau terima Sertipikat Tanah gratis dari Presiden sebanyak 6.661 kuota
Banner Kominfo Sanggau

Semoga pesan yang disampaikan Bupati Poulus Hadi, S.IP, M.Si usai menerima sertipikat tanah secara gratis dari presiden dapat pahami oleh masyarakat Sanggau. Bahwa para penerima sertifikat gratis harus menggunakan sertipikat dan momen ini dengan bijak dan baik,” Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia sanggauinformasi.com. 


Ingin akses berita Sanggau Informasi tanpa iklan Adsense ? Silahkan download aplikasi Sanggau Informasi disini

Tentang Sanggau Informasi

Sanggau Informasi adalah media online untuk menyebarkan informasi yang tajam dan terpercaya. Informasi berasal dari liputan lansung, berbagai sumber media online mainstream Indonesia dan liputan informasi Pemda Sanggau. Informasi yang disuguhkan penting untuk diketahui oleh masyarakat Sanggau dan sekitarnya bahkan untuk umum. Media Online Blog Sanggau Informasi memiliki Channel Youtube, Instagram, Twitter, Telegram, Fanpage dan Group Facebook sebagai portal penyaluran informasi yang berimbang. 

Sanggau Informasi terbuka untuk umum, jika anda ingin mempublikasikan tulisan artikel mengenai tradisi, adat, budaya, pendidikan, pengalaman pribadi, pelayanan umum, atau kejadian aneh di daerah saudara silahkan kirim via email atau whatsapp. 

Melalui media online ini anda bisa update tentang informasi viral nasional, dunia politik kabupaten Sanggau, berita Pemda Sanggau, dan hal menarik lainnya. Berikut layanan yang kami sediakan sebagai wadah untuk mensupport blog media online Sanggau Informasi :

  1. Review Produk/Jasa (Kontribusi disesuaikan)
  2. Desain Iklan dan dipajang durasi 1 bulan  Rp 300.000,-
  3. Pembuatan Website Gratis terintegrasi dengan sosmed dan Google Map (4 Menu/Laman : Beranda, Service/Etalase Toko, Kontak dan Tentang), Silahkan order domain dan hosting di situs  Hoster atau Niagahoster (Jika anda tidak mendaftar via link Afiliasi kami, maka dikenakan jasa pembuatan situs)
  4. Desain rutin untuk ucapan hari besar/raya/nasional dengan harga Rp 500.000/Bulan Durasi online selamanya di Instagram, Facebook dan Twitter (2 desain tiap bulan) dan Blog Media Online Sanggau Informasi
  5. Menyediakan penjualan produk dan rekrutmen Mitra eklusif HWI  gratis selama promo berlaku.
  6. Silahkan kirim artikel yang siap dipublikasikan ke : Whatsapp : 085820835767 Lihat ketentuan pengiriman tulisan disini 
Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi admin blog Sanggau Informasi Timotius Hp 085820835767

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel