Akhirnya PKS dapat teguran dari Dinas Hutbun Kab. Sanggau

Halo pembaca selamat pagi, salam sehat luat luar biasa. Kita kebal Covid-19 kalau menerapkan prokes. Ini ada berita bagus untuk koperasi sawit yang sudah lama dalam posisi "hidup segan mati tak mau" oleh pesaingnya dalam membeli sawit dari petani yaitu Loading Point atau Loading Ramp.

Kabid Bina Usaha dan Perlindungan Perkebunan Dinas Hutbun, M. Siryan
M. Siryan Kabid Bina Usaha dan Perlindungan Perkebunan Dinas Hutbun

Dinas Kehutanan dan Perkebunan Sanggau telah memberikan sanksi teguran kepada empat pabrik kelapa sawit. Teguran ini berisi bahwa Pabrik Kelapa Sawit (PKS) hanya membeli buah sawit hanya dari Koperasi saja. Jadi, pemirsa pemilik Loading Ramp tidak bisa lagi menjual buah sawit lansung kepada Pabrik tapi harus ke Koperasi Sawit terlebih dahulu. 

Membeli dari petani bisa tapi kemudian dijual ke Koperasi dan koperasi yang kemudian menjual ke Pabrik. Semua ini diatur supaya semuanya seimbang. 

Kabid Bina Usaha dan Perlindungan Perkebunan Dinas Hutbun, M. Siryan mengatakan "perusahaan sudah berkomitmen untuk membeli buah sawit dari koperasi saja atau kelembagaan". 

Namun ketika ditanya oleh awak media, M. Siryan tidak menampik bahwa Loading Ramp membantu petani karena membeli buah TBS secara Tunai. Ada yang perlu dicatat disini, bahwa koperasi sawit harus bekerja sama dengan bank, CU, investor untuk bisa membeli cash TBS sehingga petani terbantu.

Dilapangan kita sama-sama mengetahui jika keberadaan Ramp sudah membuat banyak koperasi tutup karena petani memilih menjual buah kepada pembeli tunai, ketimbang koperasi yang akhir bulan baru membayar. Ini menjadi pro kontra dikalangan dunia bisnis kelapa sawit. Loading ramp menjadi polemik antara PKS dan Koperasi  tapi disisi lain menguntungkan petani sawit karena membeli dengan tunai TBS.

“Pemkab Sanggau pasti akan memfasilitasi pertemuan itu  melalui bagian Ekon, cumankan kemarin itu tertunda terkait pandemi Covid jugakan dan kita juga sudah sampaikan ke perusahaan-perusahaan, koperasi-koperasi mana yang plasmanya mau kita undang,” pungkasnya

Semoga berita ini bermanfaat dan koperasi bisa meningkatkan pelayanannya.

Jika tulisan anda ingin dimuatkan di situs blog sanggauinformasi.com hubungi admin hotline 085820835767





Ingin akses berita Sanggau Informasi tanpa iklan Adsense ? Silahkan download aplikasi Sanggau Informasi disini

Sponsor

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel