Ticker

7/recent/ticker-posts

Bimbingan teknis perangkat desa se Kabupaten Sanggau

Pusaka (Pusat Study dan Peningkatan Kapasitas) mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) untuk perangkat desa sekabupaten Sanggau. Gelombang pertama diikuti oleh 8 kecamatan. Kegiatan ini dilaksanakan karena telah terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2016 tentang Pengelolaan Aset Desa, diharapkan Pemerintah Desa dapat mengelola dan memanfaatkan asset desa demi mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakatnya berdasarkan asas fungsional, kepastian hukum, transparansi dan keterbukaan, efisiensi, akuntabilitas dan kepastian nilai aset desa. 


Pemerintah melalui Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintah Desa telah membangun dan mengembangkan Sistem Pengelolaan aset Desa berbasis aplikasi yang dinamakan Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES). SIPADES merupakan Aplikasi Pencatatan Administrasi Pengelolaan Aset Desa mulai dari tahap perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, penatausahaan sampai dengan penyajian laporan.

Sehubungan hal tersebut, maka Pusaka (Pusat Study dan Peningkatan Kapasitas) yaitu lembaga yang terdaftar di Kementerian Dalam Negeri dengan Nomor SKT : 01-00- 00/032/D.IV.1/V/2017 merasa perlu memberikan informasi dan pengetahuan lebih dalam tentang pengelolaan asset desa berbasis aplikasi melalui Bimbingan Teknis, dengan tema: “Pengelolaan Aset Desa Berbasis Aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa (SIPADES),”

Kegiatan ini harus diikuti oleh kepala desa se-kab Sanggau, kaur keuangan sebagai operator Siskeudes, kaur umum sebagai operator Sipades, dan sekretaris desa. 

Kegiatan ini dilaksanakan pada: 

Hari/ Tanggal : 

Gelombang I ( Kamis – Senin / 19 – 23 November 2020 ) 

Gelombang II ( Selasa – Sabtu / 24 – 28 November 2020 ) 

Tempat : Hotel Kapuas Palace Pontianak Jl. Budi Karya, Benua Melayu Darat – Kota Pontianak 

Kontribusi : Rp. 4.500.000 (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) /Peserta

Fasilitas : Penginapan 5 hari 4 malam (twin share), makan + coffee break selama kegiatan, Setifikat, Perlengkapan bimtek, Bahan materi

Mengingat pentingnya Bimtek ini, Pusaka (Pusat Study dan Peningkatan Kapasitas) sebagai penyelenggara bimtek berharap peserta dapat hadir dan diwajibkan membawa laptop dan data-data asset desa. Peserta juga diwajibkan menggunakan masker selama kegiatan dan menunjukkan hasil test rapid non reaktif. 

Peserta diharapkan mengisi formulir pendaftaran dengan data yang lengkap dan benar. Untuk konfirmasi dan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Pihak Pusaka (Pusat Study dan Peningkatan Kapasitas) di nomor: 0822-6026- 9988 / 0821-1228-0699 atau email : pusaka.indonesia@yahoo.com.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk masyarakat Sanggau. Unduh aplikasi kita disini 

Post a Comment

0 Comments