Wakil ketua DPRD Sanggau Acam SE diundang khotbah oleh Pdt. Sudarsono

Acam, SE sedang khotbah
Minggu, 30 Agustus 2020 berlokasi di dusun Pintu Sepuluh desa Melobok, Pak Acam yang menjabat wakil ketua DPRD Sanggau menghadiri undangan Pdt. Sudarsono untuk khotbah firman Tuhan di gereja Gappin. Pak Acam mengajak jemaat membuka surat Paulus kepada jemaat di Filipi.


Bunyi dari Filipi 4:6-8 adalah sebagai berikut : 

6. Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.
7. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. 
8. Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.


Berfoto bersama Jemaat Gappin Pintu Sepuluh


Pak Acam mengajak jemaat membaca bersama-sama tiga ayat tersebut.
Dalam Khotbah tersebut disampaikan bahwa :
1. Hidup kita adalah anugrah
2. Kita adalah anak-anak Tuhan bagaikan bejana yang siap dibentuk
3. Hidup adalah pilihan, apakah kita mau orang tidak benar atau memilih untuk hidup selalu benar dimata Tuhan.
4. Kuatir sama dengan takut, Tuhan berfirman  jangan takut sebanyak 365 kali di Alkitab. Itu berarti tiap hari Tuhan berfirman jangan takut/kuatir.
5. Orang yang percaya kuasa Allah tidak akan takut atau kuatir dan selalu mengucap syukur.
6. Firman Tuhan Matius 6:34  "Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari."
Itulah point-point penjabaran dari Filipi 4:6 "Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur."


/div>

Acam dan Pdt. Sudarsono berserta Istri dkk

Sedangkan ayat 7 "Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus."
1. Hati adalah pancaran kehidupan manusia
2. Lihat Amsal 4:23 "Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan"
3. Orang yang hatinya baik, tindakan dan perkataannya baik
4. Berhati-hatilah terhadap serangan yang masuk merusak hati atau jiwa. Jagalah lima pintu masuk pertama mata hindari melihat gambar/video porno apalagi memperhatikan gadis dengan niat tidak baik apalagi istri orang, kedua telinga jangan mau mendengar gosip atau isu tidak benar, ketiga cium, keempat indera perasa jangan terlena minum-minuman , dan kelima indera peraba.
5. Syukuri apa yang kita miliki saat ini dan selalu terhubung atau berkomunikasi kepada bapa dengan cara membaca Alkitab setiap hari.

6. Carilah dahulu kerajaan surga dan kebenarannya maka semuanya ditambahkan kepadamu.


Pdt. Sudarsono memimpin doa

Pembahasan ayat 8. "Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu."
1. Selalu mendengar hal-hal yang positif.
2. Jagalah pikiran dengan menjaga hati. Karena apapun yang bersumber dari hati akan meluap ke pikiran dan dieksekusi via perkataan dan tindakan. 
3. Pikiran harus positif sehingga kita selalu optimis. 
4. Jika ingin menang berlomba maka berpikir menanglah dipikiran sehingga akan didukung oleh tindakan.
5. Jadilah orang yang selalu berpikiran positif.
6. Jadilah orang gigih jika ingin sukses, selalu berpikiran positif seperti Ali Baba
7. Pikiran ada 3 kategori kecil, sedang dan besar. Kecil suka menggosip, sedang suka membahas peristiwa dan yang orang berpikir besar selalu membahas ide yang solutif. 
8. Semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. Itulah yang membuat pikiran kita sehat.
9. Bacalah firman Tuhan maka caramu berpikir, cara melihat, cara merasa, cara berbicara, caramu bertindak akan diperbaharui, bahkan rejekimu, paras wajahmu akan diperbaharui dari yang hitam sinis menjadi hitam manis.


Pdt. Sudarsono mengajak pak Acam mendoakan pak Cipto yang sakit pinggang. Pak Acam memberi resep telur ayam kampung dibungkus daun pisang dan di masukkan kedalam buah pepaya yang dibelah yang bijinya sudah dibuang dan disatukan kembali dengan tusukan lidi atau paku dan buah pepaya yang berisi telur berbungkus daun pisang tersebut dibakar. Makanlah telur tersebut pagi siang dan sore hari. 


Demikianlah intisari dari khotbah wakil ketua DPRD Sanggau Acam SE di Gereja Gappin Pintu Sepuluh desa Melobok Kec. Parindu Kab. Sanggau. Semoga memberi pencerahan kepada para penbaca sanggauinformasi.com yang budiman. 

Video