Bouncing Heart Explosion

Menu Bawah

Translate

Tips awet muda dan umur panjang

Sanggau Informasi
18/07/2020, 18:36 WIB Last Updated 2020-07-24T13:46:01Z


Dulu berdasarkan sejarah hidup manusia di Kitab Kejadian umur manusia mencapai ratusan tahun. Terakhir Nuh mencapai umur 900 tahun. Apakah kita tahu penyebabnya mengapa makin hari umur manusia semakin singkat saja. Sekarang bisa mencapai 80an tahun sudah bersyukur.
Singkat cerita Pencipta tahu segalanya tentang apa yang diciptakan. Tuhan alam semesta telah berfirman untuk manusia supaya bisa bertahan tentang makanan:

Prolog:
Markus 7
19. karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?” Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal.
 (Yesus menyatakan semua makanan Halal)

Jelas bahwa semua makanan boleh dimakan oleh manusia, (Karena Tuhan berfirman kepada Nuh boleh makan daging, karena tumbuhan waktu itu belum bertumbuh sesudah banjir dasyat) namun tak semuanya daging itu menyehatkan alias berguna bagi tubuh, dan sebenarnya Firman Tuhan menjelaskan apa makanan yang sehat dan tak sehat (Daging hanya makanan darurat saja)

Kejadian 1
29. Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. (Sampai hari ini diterapkan oleh orang Israel)

30. Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian


Jadi , waktu sebelum kejadian banjir dasyat (Banjir Nuh) manusia hanya memakan sayuran dan buahan dan biji-bijian saja sehingga kita tahu dialkitab umur manusia waktu itu mencapai ribuan tahun. Lalu terjadilah pelanggaran yang menyebabkan manusia harus dimusnahkan semua kecuali Nabi Nuh dan keluarganya. Lalu terjadilah banjir besar pada jaman Nabi Nuh, singkat cerita, setelah banjir tersebut surut, maka Allah berfirman kepada Nabi Nuh :

Kejadian 9
3. Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau.
4. Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan.

Disinilah kita mulai diberikan “menu” tambahan, yaitu daging, daging yang dimaksud disini adalah yang tak haram, kenapa begitu? Karena yang tak haram itu dibawa oleh Nuh sebanyak 7 pasang (Kej 7:2), yang haram dibawa hanya 1 pasang, karena itulah tak mungkin Nuh makan yang haram karena tentu akan menyebabkan binatang tersebut punah.

Kenapa begitu? Apakah Allah plin plan? Tentu tidak, karena bumi yang sudah musnah oleh air bah tidak dapat menumbuhkan pohon buah dan tumbuhan berbiji serta tumbuhan hijau untuk jadi makanan Nuh, karena itulah Allah mengajarkan kepada Nabi Nuh untuk makan daging, jadi harap diingat, bahwa daging, dilihat dari pandangan Allah, adalah makanan “darurat” untuk manusia.

Namun perhatikan, darah tetap tidak boleh dimakan. Firman Tuhan mencatat umur manusia dari Adam sampai Nuh, itu kira2 900 tahunan, Nuh adalah manusia terakhir yang mencapai umur 900 tahunan, setelah Nuh, manusia berumur kira-kira 300 tahun saja (sepertiganya), dan terus menurun sampai kira2 120 tahunan, sekarang umur manusia kira2 60-70 tahun saja, jika bisa sampai 80 tahun/lebih dan tetap sehat, pasti menjaga pola makannya

Ketika daging halal masuk dalam menu makanan manusia, umur manusia terus menurun, bisa dibayangkan akibatnya apabila manusia tersebut juga mengkonsumsi daging haram juga.

Maka dari Firman Tuhan tersebut, kita bisa melihat bahwa makanan memegang peranan penting dalam menentukan umur panjang manusia, inilah urutan makanan sehat yang seharusnya dimakan manusia :
1. Buah yang berbiji, kulit buah tertentu sebenarnya sehat untuk dimakan, misalnya : apel
2. Tumbuhan yang berbiji, contoh : Jagung, Kacang2an, Gandum
3. Tumbuhan hijau, sayur mayur
4. Daging halal (tanpa lemak dan darah), sebenarnya makanan “darurat” dari kacamata Allah
5. Daging haram, lemak, darah, dan segala sesuatu yang disebutkan haram/unclean dalam Firman Tuhan

Mengenai kategori daging mana yang haram dan tidak, bisa dibaca di Imamat 11, saya coba ringkaskan disini:

1. Binatang berkuku belah, bersela panjang, dan memamah biak, contohnya : domba. Babi, kelinci, unta termasuk yang tidak sehat kalau dimakan
2. Segala yang bersisip dan bersirip dalam air, ikan2 yang mempunyai sirip dan sisik, maka udang, kepiting, cumi, segala seafood yang tak bersirip dan bersisik itu tidak sehat bagi manusia
3. Burung2 selain burung elang, rajawali, ering, hantu, bangau, camar
4. Binatang merayap (ular), binatang melompat dengan kaki (kodok), binatang berjalan dengan telapak kaki (kera)
5. Belalang boleh dimakan
6. Lemak adalah bagian Tuhan, tak sehat dimakan oleh manusia
7. Darah, karena didalamnya terkandung semua penyakit makhluk hidup tersebut

Halal dalam Firman Tuhan itu lebih artinya kepada sehat kalau dimakan. Haram dalam Firman Tuhan itu lebih artinya kepada tak sehat kalau dimakan. Bukan menimbulkan dosa jika dimakan (untuk kita yang hidup dalam Perjanjian Baru). Setelah tahu kebenaran Firman Tuhan ini, hendaklah kita bijak dalam memilih makanan kita, sebab makanan terbukti adalah pembunuh nomor satu didunia, makanan tak sehat jauh lebih mematikan daripada rokok dan alkohol. Jangan juga mudah percaya kepada makanan “aneh-aneh” yang katanya bisa membawa panjang umur jika itu tidak sesuai dengan alkitab, contohnya kura-kura, kelelawar yang katanya bisa jadi obat, sarang burung walet, dan banyak lagi lainnya.

Percayalah Allah yang menciptakan kita, Dia juga yang tahu seharusnya apa yang menjadi makanan kita, ibarat mobil Toyota ya pastinya bengkel Toyota resmi yang bisa memperbaikinya dengan baik selaku pencipta mobil tersebut, pencipta itu mengetahui luar dan dalam, segalanya tentang yang diciptakannya.
Perbanyak makan makanan yang diciptakan Allah apa adanya, bukan yang telah diproses oleh manusia, contoh praktisnya, makan jeruk asli lebih sehat daripada minum jus jeruk botolan, bahkan lebih baik makan jeruk apa adanya daripada diperas, karena seratnya juga akan ikut termakan.

Dengan mengetahui hal ini hendaknya kita bijak dalam mengatur pola menu makan kita, soal menjadi vegetarian atau frutarian itu adalah pilihan pribadi masing-masing, ingat sejatinya semua makanan itu boleh dimakan, namun juga hendaknya jangan salah gunakan kepercayaan Tuhan Yesus yang menghalalkan segala macam makanan sebab akibat dari semua itu, badan kita sendiri yang menanggungnya, jangan buru-buru protes kepada Tuhan jika suatu saat kita terkena koresterol tinggi, asam urat, atau penyakit lainnya akibat dari makanan, karena Dia sudah mengajarkan kepada kita apa yang sehat untuk dimakan dan apa yang tak sehat.

Jangan kita berprinsip “apa saja boleh dimakan”, emang boleh, tapi ingat ada makanan yang tidak sehat. Lalu setiap kali kita makan kita doa “dalam nama Tuhan Yesus sehat!!” padahal itu jelas adalah makanan tidak sehat. lalu setelah kita jatuh sakit karena makanan tidak sehat tersebut. kita doa ke Tuhan Yesus juga “sembuhkanlah sakitku ini”. terdengar ironis? banget.

Nah sekedar tips untuk yang doyan makan daging tapi tetap ingin hidup sehat :
1. Ayam : hewan ini menyimpan lemak di kulit, maka kalau mau sehat buang kulitnya, makan dagingnya saja
2. Sapi/kambing/domba : hewan ini menyimpan lemak di bagian tertentu, maka cari bagian yang tidak mengandung lemak, bagian yang paling terkenal adalah “has dalam” untuk sapi
3. Babi : untuk hewan ini sayangnya dia menyimpan lemak di daging, maka hampir tidak mungkin kita makan daging babi tanpa makan lemak babi, itu sebabnya hewan ini diklasifikasikan tidak sehat.
intinya hindari lemak sebisa mungkin dan babi, berhikmatlah dalam makanan demi kemuliaan Tuhan Hidup sehat untuk Tuhan supaya bisa melayani Dia lebih lagi.

Halleluya.
Komentar

Tampilkan

Info lainnya




Terkini

Terupdate

Pelantikan pengurus PGI Kabupaten Sanggau

Sanggau, Jumat 25 September di GKNI Antiokhia Sanggau jalan Jendral Sudirman No. 16 Sanggau. Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Kab...

 
Sanggau Informasi
Public group · 305 members
Join Group
Group Jual Beli ini web kita www.sanggauinformasi.com