Ketua DAD Parindu Dominikus Saudin sosialisasi penanganan karhutla

Sanggau Informasi
Foto betsama

Parindu, Kamis 23 Juli 2020. Ketua DAD Kecamatan Parindu Pak Dominikus Saudin mensosialisasi PERGUB Kalbar No.103 tahun 2020 tentang pembukaan areal lahan pertanian berbasis kearipan lokal,  sosialisasi ini penting sekali supaya apa yang dilakukan oleh peladang pihak pemerintah kecamatan sudah tahu perihal langkah apa yang diambil terkait pembakaran lahan.

Sanggau Informasi

Penyaji materi tentang Karhutla ini disampaikan oleh Camat,  Danramil pak Hadi, Kapolsek pak Sapja dan DAD Parindu pak Dominikus Saudin. Adapun inti pokok materi yang disampaikan adalah:

1. Peladang dalam satu Kepala Keluarga hanya bisa membakar lahan maksimal 2 Hektar tanpa merembet ke areal lahan lainnya. Mengingat kearifan lokal adalah nilai-nilai luhur yang berlaku dalam tata kelola kehidupan masyarakat yang mana diantaranya melindungi dan mengelola lingkungan hidup secara lestari, maka diharapkan peladang patuh hanya membakar ladang maksimal 2 Hektar. 
2. Mengendali api secara gotong royong dengan cara pencegahan perembetan, pemadaman dan penangan pasca kebakaran.

Sanggau informasi


Itulah pokok penting ketika sosialisasi penanganan karhutla di Parindu. Semoga tayangan artikel ini dibaca oleh para peladang juga. Bagi anda yang bukan peladang mari share supaya setiap peladang membaca postingan ini.

Video