Profile Nadi Incumben Kades Tebang Benua Kec. Tayan Hilir Kab. Sanggau

Motto Hidup:

Jadilah cahaya meskipun kecil mengeluarkan sinar untuk sesama

VISI Kades: 

MEMBANGUN DESA TEBANG BENUA YANG MANDIRI, KUAT, DAN KOMPETITIF.

Mandiri:

Mampu menghidupi, mengembangkan, dan memajukan diri sendiri berdasarkan potensi potensi yang ada di sekitar.

Kuat:

setelah mampu mandiri, maka harus kuat. Kuat di sini berarti mempunyai daya atau tenaga untuk maju dan berkembang. Daya yang mendorong seseorang untuk mencapai kesuksesan. Kuat juga berati teguh atau tidak mudah goyah dalam pendirian, dalam cita-cita, dalam iman, dalam mencapai tujuan hidup. Kekuatan seperti inilah yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan dan keberhasilan.

Kompetitif:

Setelah mandiri dan kuat, maka berikutnya adalah kompetitif. Tanpa kemandirian dan kuat, maka kita tidak akan mampu kompetisi. Kompetisi adalah mempunyai daya saing dan mampu bersaing dengan orang lain dalam mencapai kemajuan dan kesuksesan

MISI:

  1. Mengembangkan Sumber Daya Manusia
  2. Menyelenggarakan Pemerintahan Desa yang Baik
  3. Membuat Skala Prioritas Pembangunan

PROGRAM:

1.Menyelenggarakan Pemerintah Desa Yang Baik
-Memberi pelayanan kepada masyarakat yang maksimal
-Menjaga, memelihara dan pengadaan asset desa
-Tertib administrasi umum dan kearsipan desa
-Penyelenggaraan musyawarah desa (Musdus dan Musrenbang Desa)
-Penyusunan dokumen tepat waktu (RPJMDes, RKPDes, APBDes, dan laporan penanggung jawab)
-Menjalin koordinasi dengan aparatur desa BPD, LPM, RT, dan lembaga kemasyarakatan (Adat, Agama, Kelompok Tani)
-Pembuatan tataruang desa dan peta desa Tebang Benua
-Pembangunan, penataan, serta perluasan, kantor desa, dan taman desa

2.Pelaksanaan Pembangunan Desa Skala Prioritas
-Pemeliharaan dan peningkatan jalan desa
-Pemeliharaan dan dan peningkatan jalan lingkungan/Gang
-Pembukaan, pemeliharaan dan peningkatan jalan usaha tani (JUT) dan produksi
-Pemeliharaan dan pembuatan jembatan antar dusun dan desa
-Pembangunan balai dusun dan balai pertemuan
-Pembangunan balai posyandu terpadu desa
-Pemeliharaan dan pembuatan sumber air bersih (Pipanisasi/Pamsimas)
-Pemeliharaan dan pembangunan Drainase (Saluran limbah rumah tangga)
-Pembangunan dan perluasan barau lingkungan desa
-Pemeliharaan dan pembuatan jamban mandi
-Pembuatan MCK/WC umum
-Pemeliharaan aliran air sungai (Normalisasi Manual)
-Penerangan jalan  lingkungan/Gang padat penduduk

3.Pembinaan Kemasyarakatan
-Menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat
-Pengadaan pembangunan dan penyelenggaraan sarana dan prasarana Tempat Ibadah, Balai Adat, PAUD, Kelompok Tani, PKK, Karang Taruna, Dan Posyandu Desa.
-Pengadaan, pembangunan dan penyelenggaraan sarana dan prasarana kepemudaan dan olahraga (Bola Volly, Bola Kaki, Tenis Meja, dan Bulutangkis)
-Pembinaan dan bimbingan lembaga Adat, PKK, LPM, TPK, RT, dan Kelompok Tani
-Pembinaan, penyuluhan dan bimbingan kepada masyarakat tentang peningkatan ekonomi masyarakat.
4.Pemberdayaan Masyarakat
-Penguatan ketahanan pangan (Bantuan Program Melalui Kelompok Tani)
-Peningkatan produksi (Bantuan Bibit Karet Unggul, Bibit Ikan/Pakan, Tanaman Buah-Buahan Dan Alat Produksi)
-Pembangunan Saluran Irigasi Desa

5.Kas Desa
-Peningkatan dana antisipasi bencana darurat dan mendesak

PROFIL
Nadi adalah seorang Kades Incumbent dan sekaligus Wakil Ketua Majelis GKE Tebang Benua. Menilai keberhasilan dan kepantasan kepemimpinan seorang calon kades, tidak cuma dari visi dan misi yang brilian, tetapi terlebih dari rekam jejak yang bersangkutan. Rekam jejak Bapak Nadi sebagai seorang incumbent dapat dilihat dari dua sisi. Pertama,  dari segi formal adalah pengakuan prestasi dari atasan yang berupa piagam penghargaan.

Selama 5 tahun lebih kepemimpinan beliau, hampir setiap tahun menerima piagam penghargaan dari Bupati. Kedua, realitas pembangunan rohani, mental, dan fisik. Dalam 5 tahun kepemimpinann beliau, banyak proyek infrastruktur yang telah dibangun. Misalnya jalan setapak yang untuk akses ke kebun/ladang dlm meningkatkan ekonomi rakyat, jembatan, jalan desa, yang monumental adalah proyek multi years pembangunan balai desa yang megah dan luas. Sedangkan pembangunan mental spiritual  adalah menyediakan dana untuk pengembangan rumah ibadat dan kegiatan peribadatan, pemberdayaan Karang Taruna, pembangunan kompleks pedagi sebagai pusat kegiatan adat istiadat di Tebang Benua.

Sebagai seorang pemimpin yang berstatus incumbent, rekam jejak Nadi mudah dilihat dan dibaca melalui kebijakkan yang telah diputuskan, infrastruktur yang sudah dibangun, sosialisasi dengan masyarakat, kepekaan dan respon atas masalah masyarakat. Dari semua yang telah dilakukan, Nadi adalah seorang pemimpin yang dibutuhkan di era global yang sangat kompetitip ini, karena beliau adalah seorang pribadi dan pemimpin yang:

  1. Visioner: Nadi selama ini dikenal sebagai seorang Kades yang cepat sekali membaca tanda, gejala, dan perubahan arus jaman. Lalu mengambil kebijakkan dan langkah antisipatif untuk menanggapi perubahan jaman ini, sehingga ketika perubahan itu terjadi desa yang dipimpinnya tidak ketinggalan jaman dan warganya tidak terlindas oleh arus perubahan itu. Jadi cara berpikir dan bertindaknya bukan hanya untuk merespon apa yang terjadi saat ini, tetapi untuk hal hal yang akan terjadi di masa yang akan datang. Salah satu yang menonjol adalah melarang penjualan tanah pribadi untuk konsumsi. Awalnya banyak warga yg protes krn melarang menjual milik sendiri, tetapi dalam perjalanan baru mereka sadar bhw tanah bagi orang Dayak adl selain sebagai aset tetapi sebagai sumber kehidupan. Karena sifat visionernya ini, maka Nadi sering dijadikan rujukan, teman diskusi, dan inspirasi bagi kolega, sahabat, dan kenalannya.
  2. Inovatif: semasa muda, Nadi sudah merintis pola kehidupan petani tradisional ke petani semi modern dengan mengganti karet lokal dengan karet unggul, menanam daun cuka(melinjo hutan),  petai dalam skala perkebunan. Setelah menjadi kades, banyak inovasi yang dilakukan mulai dari cara merekrut staff desa dengan cara ujian (bukan kkn atau politik dagang sapi), merencanakan dan mengelola pembangunan desa, meningkatkan pelayanan masyarakat dengan mobil desa yang sangat berarti membawa orang sakit,
  3. Kreatif: di tengah keterbatasan anggaran dan sumber daya alam, Nadi telah bisa berbuat maksimal untuk kemajuan desa Tebang Benua, karena Nadi tidak hanya bergantung pada anggaran dana desa dan sumber daya alam, tapi kreatif untuk mencari peluang dan terobosan.
  4. Tulus Dalam Tugas Pelayanan Masyarakat: dari motto hidup yaitu jadilah cahaya bagi semua orang. Motto ini sungguh dihayati dan sudah dibuktikan dalam tindakkan selama ini. Nadi dalam hubungan kerja dengan para staff dan memberikan pelayanan yang purna waktu untuk masyarakat, sungguh memposisikan sebagai pelayan bagi sesama, bukan sebagai atasan. Ia mau hidup dan keberadaannya punya arti dan dirasakan oleh orang lain, seperti cahaya yang memberi diri dan terang bagi orang lain.

Melihat track record, cara memanajemen desa, program yang ditawarkan,  membangun relasi dengan staff dan masyarakat, Nadi adalah pigur yang sungguh menjawab apa yang dibutuhkan oleh desa dan masyarakat Tebang Benua dalam membangun dan menyosong masa depan yang lebih baik.

0 Response to "Profile Nadi Incumben Kades Tebang Benua Kec. Tayan Hilir Kab. Sanggau"

Post a comment

Share

Kategori Artikel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel