Bouncing Heart Explosion

Menu Bawah

Translate

Pentingnya pendidikan untuk suku Dayak (Secara Khusus Bagi Sub Suku Dayak Tobag)

Sanggau Informasi
29/02/2020, 18:47 WIB Last Updated 2020-07-24T13:10:24Z

PENGANTAR
Pendidikan merupakan sarana yang penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Oleh sebab itu, penting juga pendidikan dimiliki oleh setiap orang. Salah satu faktor pokok dalam peradaban manusia di dunia ini yang telah membawa banyak perubahan-perubahan dan kemajuan-kemajuan yang begitu cepat dan pesat tidak bisa dipungkiri adalah faktor pendidikan.





Menyikapi keadaan atau perubahan yang sudah dan sedang dan yang akan terjadi, maka ada satu hal yang perlu menjadi kesadaran bagi setiap orang, yang mana hal tersebut Betapa Pentingnya Pendidikan bagi semua suku Dayak, secara khusus bagi Sub Suku Dayak Tobag.





Dengan memperhatikan arus globalisasi yang terjadi pada saat ini yang tidak bisa dihindari, maka mau tidak mau faktor jalan keluar untuk mampu bersaing salah satunya adalah mementingkan pendidikan untuk demi kebaikan dan kemajuan setiap orang di manapun dia berada, secara khusus orang Dayak, dengan melalui pendidikan yang dimiliki oleh orang Dayak, maka orang Dayak tersebut mampu hidup bersaing dalam kemajuan zaman era digital sekarang.





PENGERTIAN PENDIDIKAN
Sebelum lebih jauh memaparkan “Pentingnya Pendidikan Bagi Suku Dayak secara khusus bagi Sub Suku Dayak Tobag", terlebih dahulu kita harus memahami Pengertian Pendidikan. Berikut penulis cuma mengambil tiga pendapat pengertian “Pendidikan”. Tiga pendapat tersebut, yaitu menurut:





  1. Undang-Undang No.20 Thn 2003 (Pasal 1 Ayat 1) tentang “Sistem Pendidikan Nasional” Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan usaha belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, dan kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan negara.
  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua
    Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.
  3. KI HAJAR DEWANTARA
    Pendidikan adalah daya-upaya untuk memajukan bertumbuhnya Budi pekerti (kekuatan batin, karakter), Pikiran (intelek) dan Tubuh anak, dalam rangka kesempurnaan hidup dan keselarasan dengan dunianya.




PEMAHAMAN PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI SUB SUKU DAYAK TOBAG
Untuk menjelaskan bagian ini, supaya kita lebih jelas dan tuntas memahami pentingnya pendidikan bagi Sub Suku Dayak Tobag, maka kalimat pendahulunya yang harus kita baca “SEJAUH MANA SIH PENTINGNYA PENDIDIKAN, SEPENTING APA SIH PENDIDIKAN BAGI SUB SUKU DAYAK TOBAK”?





Kalau ditanya “Sejauh mana Sih Pentingnya Pendidikan itu” penulis pasti menjawab seperti lagu rohani “Sejauh Timur Dari Barat…..”, artinya pendidikan begitu sangat, sangat dan sangat penting untuk kita. Jika mengacu kepada tiga pengertian pendidikan di atas, maka pemahaman pokok Pentingnya pendidikan adalah dapat menciptakan, mencetak atau menghasilkan manusia terlebih khusus bagi Sub Suku Dayak Tobag yang berkualitas, berintelektual , berakhlak mulia, maju dan sukses dan dapat membuat jauh dari kebodohan, keterbelakangan serta penindasan.





Berikut beberapa poin pembagian pentingnya pendidikan bagi Sub Suku Daya Tobag., yaitu sebagai berikut:





  1. Pendidikan Dapat Mengubah Pola Pikir Suku Dayak Tobag
    Dari pola pikir yang terbelakang, terisolir yang menghambat kemajuan setiap orang Dayak Tobag, membuat untuk maju di berbagai bidang, berdasarkan fakta empiris (pengalaman) paling banyak hanya satu-satunya untuk bisa maju yaitu dengan cara melalui pendidikan baik pendidikan formal maupun informal.
  2. Pendidikan Modal Untuk Bersaing
    • Dasar untuk buka Usaha
    • Dasar untuk membaca peluang pasar
    • Dasar untuk menjadi tenaga ahli dalam berbagai bidang
    • Dasar untuk berkompetisi dalam berbagai bidang
    • Dasar untuk Go Internasional dalam berbagai bidang
  3. Pendidikan Modal Untuk Masa Depan
    • Dasar untuk memperoleh pekerjaan
    • Dasar untuk menjadi Pekerja cerdas
    • Dasar untuk menjadi Pejabat
    • Dasar untuk menjadi pekebun, petani sukses
    • Dasar menjadi PNS , dll




TUJUAN PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI SUB SUKU DAYAK TOBAG
Tujuan pentingnya pendidikan bagi Suku Dayak (secara khusus Sub Suku Dayak Tobag) adalah supaya masyarakat Dayak jangan menganggap remeh atau mengabaikan pendidikan, dan supaya Dayak selalu berpola pikir, bahwa pendidikan itu sangat penting dan bisa merubah kehidupan agar menjadi lebih baik terutama pendidikan formal.





MANFAAT PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI SUB SUKU DAYAK TOBAG
• Merubah mindset (Pola Pikir) dari yang terbelakang menjadi terdepan.
• Untuk agar lebih maju, mampu bersaing di segala bidang.
• Untuk merubah nasib dari nasib yang buruk menjadi nasib yang baik.
• Agar memiliki pengetahuan dan kecerdesan yang baik, sehingganya berguna bagi bangsa dan negara.
• Supaya siap pakai dan bekerja di manapun dan kapanpun
• dan sebagainya





KEBERHASILAN PENDIDIKAN BAGI SUB SUKU DAYAK TOBAG
Indikator atau ciri-ciri keberhasilan pendidikan bagi Sub Suku Dayak Tobag sudah ada beberapa orang Dayak Tobag menempati hal-hal yang penting seperti di bidang: Politik, Peradilan, Pendidikan, Kesehatan dllsb. Adapun beberapa orang tersebut sebagai berikut:





  1. (Alm) Amen AR, SH, M.Hum.
  2. Salfius Seko, SH, MH
  3. Edy Alex Serayok, SH,MH
  4. Acam, SE
  5. V. Yanto Laung, S. Fil, M.Hum
  6. Dan masih ada beberapa orang Dayak Tobag yang tidak penulis muat dalam tulisan ini yang menempati lembaga/institusi yang penting.




KESIMPULAN
Pendidikan memang sangat penting secara umum bagi rakyat Indonesia dan secara lebih khusus bagi Sub Suku Dayak Tobag. Pentingnya pendidikan bagi Sub Suku Dayak Tobag adalah untuk merubah kehidupan agar menjadi lebih baik, menjadi maju, mencerdaskan, modal utama untuk melangkah lebih jauh dan bersaing agar menjadi insan yang berguna terutama bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia.





SARAN ATAU REKOMENDASI UNTUK KITA SEMUA





  1. Bagi orang tua jangan biarkan anak-anak yang usia sekolah tidak menempuh pendidikan apalagi putus sekolah, artinya harus disekolahkan.
  2. Bagi anak-anak atau yang menempuh pendidikan, tempuhlah pendidikan setinggi-tingginya.
  3. Bagi Sub Suku Dayak Tobag, salah satu faktor yang lebih kuat menjamin untuk hidup lebih maju, baik dan sukses adalah “Pendidikan”.




Written By: Alung, S.Th.,M.Pd.


Komentar

Tampilkan

Info lainnya




Terkini

Terupdate

Pelantikan pengurus PGI Kabupaten Sanggau

Sanggau, Jumat 25 September di GKNI Antiokhia Sanggau jalan Jendral Sudirman No. 16 Sanggau. Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) Kab...

 
Sanggau Informasi
Public group · 305 members
Join Group
Group Jual Beli ini web kita www.sanggauinformasi.com