Salfius Seko, S.H., M.H : Reorientasi sistem nilai dalam peribahasa adat “tabe kak jebata pejaji penompa, togoh adat sute sungu” pada masyarakat adat dayak tobag melalui kelembagaan sosial

  A.    Latar Belakang Penelitian Sistem nilai yang menjadi panduan dalam kehidupan masyarakat adat Dayak tersebut mengalami proses degrad...

Kapolsek Parindu Iptu Sapja adakan temu muka dengan jajaran pemerintah desa dan Tokoh Masyarakat

Parindu, 30 Desember 2019 kapolsek Iptu Sapja dan anggota menggundang beberapa tokoh masyarakat, kepala desa, pak Camat, Danramil dan Ketua DAD Parindu untuk membahas dan menyikapi malam pergantian tahun besok 31 Desember 2019.

Beberapa tokoh masyarakat hadir seperti pak Acang, pak Damsuki, pak Markus dari Bali, Pak Didi Camat Parindu, Pak Siprianus kades Pusat Damai hadir juga pak Jongai selaku ketua DPD Pusat Damai, Pak Yosep Sudirman Kades beserta Kawil Bali Pak Ismael, Pak Kimon Kades Maju Karya, Pak Supriono Kades Suka Mulya, pak Hadi K danramil beserta anggota bang Joni, dan hadir juga pak Saudin selaku ketua DAD Parindu. Pertemuan santai dengan pengeras suara diadakan di warung kopi pak Achiap ujung pasar Bodok.

Ngopi malam, obrolan berkualitas.

Pertemuan tersebut sharing tentang pengalaman tahun lalu diwaktu pergantian tahun baru yang terjadi keributan dan bagaimana menyikapi pergantian tahun baru nantinya supaya berjalan dengan aman dan damai.

Pak Damsuki mengatakan bahwa mau tidak mau kita sebagai orang tua harus turut mengawasi anak-anak supaya bisa meminimalisir akan terjadinya keributan. Sedangkan kades Pusat Damai siap menempatkan Hansip ditiap persimpangan jalan untuk membantu personil kepolisian dan mengadakan acara hiburan di Pasar Kenari.

Masing-masing kades, Danramil, pak Camat, Ketua DAD dan tokoh masyarakat lainnya mengutarakan pendapatnya masing-masing untuk memberi kepastian dan saran supaya semua berjalan aman dan damai tanpa keributan. Suasana pertemuan santai yang diadakan kapolsek Parindu Iptu Sapja begitu hidup dan suasana pas untuk terus menseruput kopi hitam pak Achiap.

Warkop Pak Achiap Bodok

Pak Jongai selaku ketua DPD Pusat Damai menyampaikan supaya Intelijen kepolisian lebih peka terhadap peredaran Narkoba, karena sangat berbahaya jika sudah dikonsumsi. Pak Iptu Sapja lansung menanggapi tidak ada ampun bagi yang terbukti bersalah berkenaan dengan Narkotika akan segera diproses secara hukum.

Akhirnya pertemuan dilanjutkan besok pukul 10.00 WIB di kantor Kapolsek Parindu untuk membahas detil rute kompoi masing-masing wilayah. Soalnya tahun lalu tabrakan rute membuat lalu lintas macet. Parindu memang komplek karena berdasarkan pengalaman tahun lalu anggota konvoi dari Bali, arah jalan Meliau, Bonti , Pusat Damai dan Bodok sering tabrakan rute dan sering konvoi ketemu buntut.

Suasana Hening Sejenak

Bagi masyarakat yang punya Geng Motor harap melaporkan kepada pak Jongai selaku koordinator Konvoi malam tahun baru sehingga jajaran kepolisian dan pemeritah bisa memprediksikan jumlah personel konvoi dan rute supaya tidak bentrok dengan konvoi warga lainnya.

Akhirnya pak Iptu Sapja Kapolsek Parindu mengucapkan terimakasih kepada para jajaran undangan karena sudah bersedia datang untuk membahas bagaimana gambaran strategi untuk mengatasi supaya malam tahun baru berjalan aman, damai dan lancar di kecamatan Parindu.

0 Response to "Kapolsek Parindu Iptu Sapja adakan temu muka dengan jajaran pemerintah desa dan Tokoh Masyarakat"

Post a comment

Share

Youtube Channel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel