Salfius Seko, S.H., M.H : Reorientasi sistem nilai dalam peribahasa adat “tabe kak jebata pejaji penompa, togoh adat sute sungu” pada masyarakat adat dayak tobag melalui kelembagaan sosial

  A.    Latar Belakang Penelitian Sistem nilai yang menjadi panduan dalam kehidupan masyarakat adat Dayak tersebut mengalami proses degrad...

Liputan spesial pengukuhan Ketua DAD Tayan Hilir

Tayan Hilir, Paroki Santo Petrus Kanisius dilaksanakan pengukuhan Ketua Dewan Adat Dayak Kec. Tayan Hilir Kab. Sanggau terpilih beserta jajaran pengurus masa bhakti 2019-2024. Acara dimulai dengan gladi bersih untuk persiapan pengukuhan yang dilakukan oleh ketua Dewan Adat Dayak Drs. Yohanes Ontot, M.Si

Foto bersama

Turut hadir dalam acara:

  1. Wakil Bupati Drs. Yohanes Ontot, M.Si sebagai Ketua DAD Kab. Sanggau
  2. Wakil Ketua DPRD Sanggau Acam, SE sebagai ketua DAD Tayan Hilir sebelumnya
  3. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-Pemdes) Siron, S.Sos sebagai wakil ketua DAD Kab. Sanggau
  4. Romo/Pastor Ryan Pastoran Paroki Santo Petrus Kanisius
  5. Kapolsek Tayan Hilir diwakili pak Erwin
  6. Danramil Tayan Hilir diwakili Bunjam
  7. Para pak Kades Tayan Hilir, Loleksius, Yulianus atin, Kilung, Bison, Sutardi dll
  8. Masyarakat adat Dayak Tayan Hilir

Acara dimulai dengan melantunkan nyanyian lagu Indonesia Raya kemudian pembukaan doa oleh Pastor Ryan dilanjut pembacaan surat keputusan musdat III no. 4 tahun 2019, atas pengesahan ketua DAD Tayan Hilir oleh Pak Sutardi.

pengukuhan ketua DAD dan jajaran yang baru

Selanjutnya pengukuhan ketua DAD dan jajaran yang baru dan penyembelihan kepala Babi oleh ketua DAD Kabupaten Sanggau Pak Drs. Yohanes Ontot, M.Si

Pengukuhan Ketua DAD dan jajarannya
penyembelihan kepala Babi oleh ketua DAD Kabupaten Sanggau Pak Drs. Yohanes Ontot, M.Si
Kening ketua dan jajarannya di oleh dengan darah Babi
Sutardi menerima sumbangan dari pak Yohanes Ontot ketua DAD Kabupaten Sanggau

Acara selanjutnya kata sambutan ketua panitia Musdat 3 tayan hilir Sutardi kepala desa Beginjan. Pak Sutardi mengucapkan terimakasih keberbagai pihak dan mohon maaf jika ada kekurangan dalam persiapan musdat ke 3. Pak Sutardi sekali lagi mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang sudah memberi donasi sehingga panitia banyak mendapat bantuan.

Paling depan pak Victorianus Yanto Laung, S.Sn

Selanjutnya kata sambutan dari ketua DAD Tayan Hilir yang baru Victorianus Yanto Laung, S. Sn. Pak Yanto mengucapkan hormat kepada ketua DAD Kabupaten sekaligus wakil bupati Drs. Yohanes Ontot, M.Si, kepada Pak Acam, S.E selaku mantan ketua DAD Tayan Hilir sebelumnya dan sekarang menjabat sebagai wakil ketua II DPRD Sanggau, Kepada Kadis DPM-Pemdes Siron S.Sos sekaligus wakil ketua II DAD Kebapaten Sanggau, kepolisian, damramil, dan kepada masyarakat lainnya.

Kades Loleksius, Bison, Yulianus Atin dan Kilung

Victorianus Yanto Laung, S. Sn mengucapkan terimakasih kepada ketua DAD kabupaten yang sudah bersedia datang untuk melantik ketua dan jajarannya. Pak Yanto juga mengucapkan terimakasih kepada ketua panitia yg sudah melakasanakan kegiatan pengukuhan dan mengucapkan terimakasih kepada kepengurusan DAD Tayan Hilir yang sebelumnya.

Pose disaat pengolesan darah Babi

Pak yanto juga mengucap terimakasih kepada kepala desa dan masyarakat yang sudah memberi kepercayaan dan memberi donasi bantuan untuk kegiatan musdat 3 dan pengukuhan ketua DAD dan jajarannya.

Pak Yanto mengatakan bahwa beliau dan jajarannya akan memperkuat keberadaan DAD Tayan Hilir dari internal dan eksternal. dan meminta dukungan dari berbagai pihak dari pemerintah, DPRD dan masyarakat.

Selanjutnya Kata sambutan dari mantan ketua DAD Tayan Hilir pak Acam, SE dan mengucapkan hormat kepada ketua DAD Kabupaten sekaligus wakil bupati Drs. Yohanes Ontot, M.Si, kepada Pak Acam, S.E selaku mantan ketua DAD Tayan Hilir sebelumnya dan sekarang menjabat sebagai wakil ketua II DPRD Sanggau, Kepada Kadis DPM-Pemdes Siron S.Sos sekaligus wakil ketua II DAD Kebapaten Sanggau, kepolisian, damramil, dan kepada masyarakat lainnya.

Acam, SE putra Dayak Tobag mantan ketua DAD Tayan Hilir dua periode dan sekarang menjabat sebagai wakil ketua DPRD Kabupaten Sanggau periode 2019-2024

Pak Acam mengatakan bahwa menjadi pengurus organisasi sosial tidak lah mudah, karena kita bekerja dengan hati yang tulus untuk mengayomi, sebagai advokasi masyarakat adat dan menerima keluhan yang kompleks dari masyarakat adat Dayak. Pak Acam mengatakan menjadi pengurus DAD ketua dan jajarannya harus selalu terbuka karena mengurus masyarakat mulai dari kelahiran sampai menutup mata membutuhkan dampingan DAD terkait masalah masyarakat yang berurusan dengan sesama, pemerintah atau pun perusahaan.

Ketua DAD Tayan Hilir dan jajarannya tahun bakti 2019-2024

Tugas DAD juga harus bisa memajukan masyarakat adat, misalnya merekomendasikan generasi untuk berkiprah di berbagai bidang sektor pemerintah maupun swasta dan yang lebih penting juga adalah merekomendasikan anak-anak masyarakat adat mendapat beasiswa.

Akhirnya pak Acam, S.E mengucapkan selamat kepada pak Victorianus Yanto Laung, S. Sn sebagai ketua DAD Tayan Hilir 2019-2024 yang akan melanjutkan tongkat estafet untuk memajukan masyarakat adat Dayak di Kecamatan Tayan Hilir.

Penyerahan simbolis tongkat estafet ketua DAD lama ke ketua DAD yang baru.

Penerimaan asset secara simbolis

Sesudah acara penyerahan secara simbolis acara pengukuhan selanjutnya adalah kata sambutan dari Pak Drs. Yohanes ontot, M.Si. Pak Ontot berharap kepengurusan DAD Tayan Hilir yang baru harus bisa memberi pemahaman kepada masyarakat adat Dayak Tayan Hilir bahwa kita hidup harus seimbang dengan alam, sebisa mungkin jangan melakukan pembakaran hutan sembarangan

Pak Drs. Yohanes Ontot, M.Si juga menambahkan bahwa menjadi pengurus DAD tidak akan menerima gaji karena merupakan pekerjaan sosial. Pak Yohanes Ontot menambahkan bahwa DAD harus mencitrakan masyarakat yang bertoleransi dan bersinergi dengan pemerintah, dan menjadi penengah jika ada perselisihan masyarakat dengan pemerintah dan melindungi hak-hak masyarakat adat Dayak di pemerintahan Indonesia karena bagaimanapun masyarakat adat dayak bagian dari masyarakat Indonesia.

dan lagi ketua dan jajaran DAD Tayan hilir juga jangan menonjolkan diri apa lagi mengeksklusifkan diri di tengah masyarakat. Pak Yohanes Ontot sebagai ketua DAD Kabupaten berharap ketua DAD kecamatan Tayan Hilir yang baru bisa mengatasi apa saja permasalahan di tengah masyarakat. Pak Yohanes Ontot menghimbau masyarakat adat untuk hidup rukun aman nyaman, dan sama-sama dengan masyarakat lainnya untuk menangkal paparan paham radikal dll.

0 Response to "Liputan spesial pengukuhan Ketua DAD Tayan Hilir"

Post a comment

Share

Youtube Channel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel